Tips Mengatasi Masalah Mobil Anda

Friday, August 17, 2018

13 Tips Jitu Mengemudi Agar Terhindar dari Kecelakaan Lalu Lintas

OTO-OTO - Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan orang yang sudah berhati – hati sekalipun bisa mengalami kecelakaan lalu lintas. Karena itu sikap kewaspadaan dan kehati – hatian harus dimiliki oleh setiap pengguna jalan agar dapat memperkecil resiko atau potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang tentunya membahayakan semua orang.

13 Tips Jitu Mengemudi Agar Terhindar dari Kecelakaan Lalu Lintas

Sebagai tindakan preventif untuk mencegah resiko atau potensi kecelakaan lalu lintas, berkendara yang baik dan benar harus diperhatikan setiap pengguna jalan. Selain harus mengecek kendaraan sebelum digunakan baik itu aki, ban atau berbagai komponen mesin yang lainnya, berikut bagaimana tips mengemudi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang perlu Anda tahu dan pahami. Check these out!

Tips Mengemudi Agar Terhindar dari Kecelakaan Lalu Lintas

1. Sebelum berangkat, periksalah kendaraan Anda

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan agar selamat sampai tujuan adalah memeriksa kendaraan sebelum berangkat. Selain mesin, semua perlengkapan dan peralatan termasuk tekanan angin ban harus Anda upayakan sesuai anjuran.

2. Atur posisi mengemudi Anda

Baik bagi para pengendara motor atau bagi pengendara mobil, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengatur posisi mengemudi yang baik seperti apa. Kalau perlu sebelum berangkat atur posisi duduk Anda senyaman mungkin agar tidak membuat Anda mengalami pegal, kram atau yang lainnya.

3. Manfaatkan sabuk pengaman

Jika Anda merupakan pengendara mobil, yang tak boleh Anda lupakan adalah memasang sabuk pengaman sebelum Anda berangkat. Fungsi dari sabuk pengaman ini yaitu untuk melindungi masing – masing pengemudi dan penumpang dari potensi benturan jika terjadi kecelakaan selain dari adanya suatu kantung udara atau airbags.

4. Senantiasa ikuti arus lalu lintas, jangan dilanggar
Sebagai pengendara baik motor atau mobil tentu Anda harus berlaku disiplin mengikuti arah arus lalu lintas yang dianjurkan. Perhatikan rambu – rambu lalu lintas ketika berkendara. Jangan sampai melewati jalan yang dilanggar melaluinya karena jika Anda melanggar aturan lalu lintas dapat dijerat pasal hukum dan undang – undang mengenai transportasi. Patuh terhadap arus dan rambu – rambu lalu lintas juga mencegah terjadinya hal – hal diluar keinginan para pengendara.

5. Atur kecepatan berkendara Anda

Cara mengemudi yang baik dan benar selanjutnya adalah mengatur kecepatan Anda dalam berkendara. Memang berkendara dalam kecepatan tinggi diperbolehkan akan tetapi Anda juga harus tahu dimana Anda berkendara tersebut. Jika memang Anda berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan tol sebenarnya hal ini bukan hal yang berlebihan terlebih di jalan tol biasanya ada panduan kecepatan minimal berkendara sehingga Anda harus memacu gas sesuai anjuran. Namun Anda tetap harus berhati – hati dan jika Anda berkendara di jalan yang ramai perhatikan pengendara lain di samping kanan dan kiri Anda termasuk di depan dan belakang Anda. Jangan sampai cara berkendara Anda malah merugikan yang lainnya.

6. Seringlah periksa kaca spion Anda ketika sedang berkendara

Selanjutnya sekaligus yang juga sangat penting hanya saja banyak orang yang mengabaikannya adalah kaca spion. Fungsi dari kaca ini adalah untuk melihat kendaraan lain yang ada di belakang kendaraan kita. Sekaligus fungsinya adalah ketika Anda hendak ingin berbelok atau ketika Anda akan menyeberang ke persimpangan dan hal ini sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara Anda.

7. Manfaatkan jalur kanan untuk tempat menyalip

Keinginan untuk menyalip pasti ada di setiap pengendara. Utamanya mereka yang sudah merasa mahir dan merasa orang yang ada di depannya mengendarai kendaraan dengan kecepatan dibawah kecepatan dirinya pasti merasa bahwa menyalip itu adalah suatu kebutuhan. Jika Anda juga memiliki keinginan untuk menyalip, hal penting yang Anda harus lakukan adalah memanfaatkan jalur kanan untuk tempat menyalip. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari yang namanya kecelakaan dan kemacetan.

8. Jangan Anda gunakan ponsel

Ketika Anda sedang berkendara hindari menggunakan ponsel terlalu sering karena hal ini akan sangat mengganggu konsentrasi Anda di jalan raya. Baiknya juga Anda harus dapat memastikan agar Anda yang ingin menggunakan ponsel atau gadget untuk berhenti sejenak di persimpangan jalan agar dapat menghindari kemacetan dan juga kecelakaan selama berkendara. Hal ini dapat menjadi tindakan preventif terbaik yang Anda harus coba.

9. Jika sedang mengalami kantuk, istirahatlah
Kemudian selanjutnya adalah jika Anda sedang merasa mengantuk dan merasa lelah baiknya untuk Anda berhenti sejenak saja untuk beristirahat. Anda kemudian bisa lanjutkan kembali perjalanan jika sudah merasa bahwa badan Anda fit.

10. Jagalah penglihatan Anda ketika malam hari

Selanjutnya jika memang Anda berkendara di malam hari maka baiknya untuk Anda senantiasa menjaga penglihatan dengan baik agar terhindar dari berbagai hal yang sebenarnya tak Anda inginkan. Hal ini juga mengurangi resiko mengalami kecelakaan karena sebagian dari kecelakaan juga seringkali terjadi di malam hari.

Selain beberapa hal diatas yang juga penting menjadi perhatian Anda dalam kaitannya dengan tips mengemudi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas yaitu ketika tindakan mengemudi Anda lakukan di musim hujan. Berikut beberapa tips mengemudi dalam keadaan hujan yang Anda harus perhatikan diantaranya :

11. Periksa kontrol utama kendaraan Anda

Ada berbagai bagian dari mobil yang termasuk ke dalam kontrol utama kendaraan. Bagian yang sudah termasuk ke dalam kontrol utama kendaraan tersebut diantaranya yaitu pedal gas, pedal rem, kopling dan juga kemudi. Anda harus berupaya untuk memastikan agar sebelum benar – benar berkendara semua bagian tersebut berfungsi sebagaimana mestinya dan jangan sampai ada satupun yang macet.

Baiknya juga Anda berikan perhatian dan juga sekaligus suatu perawatan ekstra pada masing – masing bagian secara khusus ketika musim hujan tiba. Hal ini menjadi suatu hal yang sangat dianjurkan agar Anda bisa terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan termasuk dari potensi terjadinya kecelakaan.

12. Jangan pernah ngebut

Hal yang wajib untuk Anda lakukan ketika berkendara di waktu hujan adalah jangan pernah ngebut. Anda harus mampu mengurangi kecepatan mobil ketika sedang berkendara di musim hujan karena kondisi jalanan yang cenderung licin. Dengan Anda mengurangi kecepatan mobil dan berkendara dengan intensitas yang tepat tentu ban mobil Anda tidak akan mudah mengalami selip ketika Anda sedang berkendara di jalanan pada musim hujan.

13. Nyalakan lampu mobil Anda di waktu hujan

Ketika hujan turun cukup deras maka kondisi jalanan juga akhirnya menjadi tidak lagi jelas. Karena itu sangat dianjurkan untuk Anda senantiasa menyalakan lampu depan dan lampu belakang mobil ketika Anda sedang berkendara. Kemudian selain Anda harus menyalakan lampu mobil di waktu hujan deras, menyalakan lampu mobil di waktu hujan sedang atau hujan rintik juga sangat penting untuk Anda.

Menyalakan lampu mobil di waktu hujan termasuk hujan deras dan rintik sangat berguna untuk Anda serta para pengendara yang lain. Gunanya bagi para pengendara yang lain tentu Anda bisa melihat juga bahwa kendaraan mereka sedang melaju seperti apa sehingga berpotensi membuat Anda terhindar dari potensi kecelakaan dengan kendaraan mereka. Bagi Anda para pengendara mobil jika mobil Anda dilengkapi dengan day time running lights maka day time running lights tersebut juga sangat penting untuk Anda nyalakan. Hal ini menjadi sangat penting dalam membantu para pengendara yang ada di belakang untuk dapat melihat Anda dengan baik sehingga nantinya Anda dapat berpotensi terhindar dari kejadian tabrak belakang. Namun jika diantara Anda ada yang mengalami masalah tabrakan maka sangat dianjurkan untuk Anda mencari tahu bagaimana tips memperbaiki mobil jika terjadi kerusakan dan jangan pernah sampai salah langkah.

Itulah berbagai tips mengemudi agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang perlu Anda perhatikan. Berikan safety pada diri Anda dalam berkendara dengan tips dan trik berkendara diatas. Maksimalkan juga berbagai perlengkapan berkendara yang dibutuhkan ketika berkendara di musim hujan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Tips Jitu Mengemudi Agar Terhindar dari Kecelakaan Lalu Lintas

0 comments:

Post a Comment