Tips Mengatasi Masalah Mobil Anda

Friday, July 27, 2018

Tips Melakukan Pengereman Yang Tepat Ketika Hujan

OTO-OTO Ketika mulai memasuki awal tahun 2016 ini pastinya intensitas hujan sudah mulai menurun dari beberapa wilayah. Tetapi, data statistik cuaca dari badan meteorologi klimatologi dan juga geofisika telah menyatakan bahwasannya perkiraan cuaca dengan kondisi hujan yang seperti ini, diwilayah Indonesia hingga bulan Februari 2016 mendatang.

Untuk itulah, dengan adanya perkiraan cuaca kondisi hujan yang seperti itu, tentunya bagi para pengguna jalan yang sehari-harinya mengemudikan kendaraan akan menajdi masa-masa yang paling rawan terjadi sebuah kecelakaan.

Tips Melakukan Pengereman Yang Tepat Ketika Hujan

Pada umumnya yang menjadi salah satu penyebab dari resiko kecelakaan tersebut, diakbatkan dengan adanya teknik pengereman yang tidak sesuai atau tidak tepat, terutama pada kondisi jalan yang mempunyai titik genangan air yang cukup tinggi, lintasan basah yang cukup licin, atau pun pandangan pengemud yang kurang maksimal, yang dikarenakan oleh derasnya hujan serta tebalnya kabur yang ditimbulkan ketika hujan didataran tinggi.

Untuk itulah pada kesempatan ini, kami akan mencoba berbagi tips untuk melakukan pengereman secara tepat yang bisa Anda coba saat berkendara dalam kondisi hujan. Mau tahu seperti apa? Simak saja ulasan di bawah ini.

Tips melakukan pengereman yang tepat ketika hujan


Hal yang pertama adalah memahami kondisi dari hujan tersebut, dimana biasanya hujan pertama kali dalam waktu yang cukup lama tidak terjadi hujan, maka akan terjadi tingkat kelicinan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena adanya brbagai kotoran, lumut, serta lainnya yang menempel dijalanan yang mulai basah.

Sehingga mudah mengelincirkan gesekan suatu benda, dengan begitu maka traksi ban menjadi berkurang. Bahkan, apabila genangan air bisa terbentuk lebih tinggi, maka hal ini dapat membahayakan pengendara, sebab ban dapat mengapung. Untuk itulah para pengemudi harus memahami kondisi dari hujan serta lingkungannya.

Kemudian, apabila Anda sedang melaju dengan kecepatan yang tinggi, lalu tiba-tiba ada genangan air didepan Anda, maka jangan sekali-kali bermanuver atau pun membanting stir, bahkan mengerem mendadak.

Ada baiknya jika Anda tetap tebras genangan air tersebut, namun dengan kecepatan menurun, yakni melakukan pelepasan atau pun penurunan gas. Apabila Anda sudah mengetahui ada genangan air dari jauh-jauh, maka lakukan pengereman dengan pelan-pelan dan hati-hati.

Tetapi, jika Anda melakukan pengereman secara terpaksa, maka Anda dapat menginjak atau menekan pedal rem dengan jeda jarak waktu sepersekian detik, supaya pengereman tak terkunci.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami bagikan tentang tips pengereman yang tepat saat hujan, semoga bisa bermanfaat serta menginspirasi Anda saat berkendara disaat musim hujan. Baca juga artikel menarik lainnya ya, mengenai Hal Yang Harus Dilakukan Saat Rem Tangan Mobil Macet Saat Berkendara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Melakukan Pengereman Yang Tepat Ketika Hujan

0 comments:

Post a Comment