Tips Mengatasi Masalah Mobil Anda

Saturday, April 14, 2018

Tips dan Trik Nyetir Mobil Manual di Tanjakan

Belajar Nyetir Mobil memang menjadi suatu tunggangan yang sangat nyaman untuk dibawa kemanapun pergi. Dengan menunggangi mobil kita tak perlu capek – capek terkena sinar matahari siang hari, atau terkena guyuran air hujan ketika harus berkendara di waktu hujan. Karena itu banyak orang yang merasa jauh lebih nyaman jika kemana – mana naik mobil.

Hanya saja bagi pemula nyetir mobil juga pasti ada tantangannya. Utamanya ketika berkendara di jalanan yang menanjak. Bahkan kebanyakan pemula merasa khawatir mobil yang dikendarai akan mandek di tengah jalan, mundur atau malah menemukan konsekuensi lainnya. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, berikut kami akan berikan untuk Anda informasi selengkapnya tentang tips dan trik nyetir mobil manual di tanjakan yang Anda perlu tahu dan pahami. So, check these out dan jangan lupa Anda praktekkan!
Tips dan Trik Nyetir Mobil Manual di Tanjakan

Agar Anda tidak mengalami masalah ketika harus nyetir mobil manual di tanjakan, tentunya ada beberapa hal penting yang Anda harus tahu dan pahami. Berikut beberap tips dan trik nyetir mobil manual di tanjakan yang Anda perlu pahami, meliputi :

Perhatikan hal ini! 


Ketika Anda mengemudikan mobil manual di tanjakan, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah jangan sampai Anda merasa panik. Hal ini karena ketika Anda merasa panik maka tentu akan menyebabkan sesuatu yang sudah Anda hafal dijamin buyar dan lupa. Otak serasa langsung blank karenanya.

Karena itu stay calm dan jangan panik. Untuk Anda yang seorang pemula, nyetir mobil manual di tanjakan terbagi ke dalam dua cara yaitu dengan menggunakan rem tangan atau rem kaki. Akan tetapi jika pemula biasanya akan jauh lebih gampang ketika mereka berkendara mobil manual melewati tanjakan dengan menggunakan rem tangan.

Jika menggunakan rem kaki, pahami cara mengemudi mobil manual di tanjakan berikut

Ketika melintasi tanjakan dengan menggunakan mobil manual, dengan menggunakan rem kaki terdapat beberapa langkah atau urutan cara yang perlu dilakukan dan jangan sampai salah kaprah dalam melakukannya. Termasuk ketika Anda harus mengerem atau menggunakan gas mobil karena ketika sedikit saja Anda salah tekan tentu akan fatal pada akhirnya.

Dalam mengemudikan mobil manual di jalanan dengan memanfaatkan rem kaki, pertama yang harus Anda perhatikan adalah bahwa kaki sebelah kanan Anda perlu menginjak rem dan kaki kiri menginjak pedal koplingnya. Injak pedal kopling sampai tertekan full atau sampai terpentok. Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa persneiling berada di gigi transmisi 1 dan jangan kedua karena hal ini bisa menyebabkan mobil Anda mengejan dan terasa berat. Kemudian setelah itu kaki sebelah kanan harus menginjak bagian pedal gas dengan cepat jangan santai karena disini ini rem tidak akan tertekan.

Sembari Anda menginjak gas lepaskan kaki sebelah kiri di pedal kopling secara perlahan – lahan. Selanjutnya ketika Anda menginjak pedal gas tidak perlu terlampau dalam, cukup sedikit saja kiranya mobil Anda bisa berjalan ke depan. Jangan lupa upayakan Anda santai dan rileks dalam melakukannya. Karena keberhasilan nyetir mobil manual di tanjakan juga adalah santai dan rileks yang Anda harus perlukan.

Anda juga harus ingat bahwa pada masing – masing mobil setelan koplingnya berbeda. Ada yang hadir dengan setelan setengah dan ada juga yang memiliki setelan seperempat. Jadi baiknya Anda harus memastikan bahwa Anda sudah hafal lebih dulu mengenai kopling mobil yang telah Anda miliki. Kemudian hal yang juga sering terlupakan selama ini oleh pemilik mobil adalah menginjak gas. Biasanya khususnya seorang pemula akan lupa di tanjakan. Karena panik langsung pengemudi menginjak gas dalam padahal koplingnya belum dilepas. Setelah sadar langsung dilepaskan injakan pedal kopling tentu mobil akan langsung meloncat dan mesin akan langsung mandek karena mati.

Tentu saja jika hal ini terjadi akan berbahaya tidak hanya bagi pengemudi itu sendiri akan tetapi juga sangat berbahaya untuk pengemudi yang lain. Selama ini berkendara mobil manual di tanjakan dengan rem kaki, kelemahan dari mobil manual adalah ketika kaki berpindah dari pedal rem kemudian menuju pedal gas haruslah cepat karena jika tidak pastinya mobil dapat bergerak mundur nantinya.

Cara nyetir mobil manual di tanjakan dengan memanfaatkan rem tangan


Memanfaatkan rem tangan tentu sangat cocok bagi pemula. Mengapa? Karena dengan menggunakan rem tangan pemula akan jauh lebih mudah untuk berkendara di jalanan. Kemudian kaki juga tidal perlu stay di area pedal rem mobil yang dikendarai. Lalu bagaimana tips dan trik nyetir mobil manual di tanjakan dengan rem tangan?

Caranya adalah bahwa kaki sebelah kiri Anda harus menekan pedal kopling sampai penuh dan kemudian kaki kanan stay di area pedal gas. Posisi gigi transmisinya berada di area 1 kemudian tangan sebelah kiri Anda harus stay di tuas rem tangan. Kemudian injak pedal gas sedikit demi sedikit sembari menekan rem tangan secara perlahan. Imbangi dengan teknik melepas juga secara perlahan sampai kaki yang Anda gunakan menginjak pedal kopling. Kemudian ketika mobil telah berjalan baiknya pastikan agar kondisi rem tangan sudah tidak dalam kondisi mengunci.

Jadi ketika Anda menggunakan rem tangan mobil tidak akan menyentak. Hal ini karena bantuan rem tangan. Selanjutnya karena posisi sudah stay di pedal gas tentunya akan jauh lebih mudah untuk Anda dalam mengatur area pedal gas yang Anda gunakan di mobil tersebut. Hanya saja ada beberapa kelemahan mengemudikan mobil di tanjakan. Kelemahan mengemudikan mobil di tanjakan bahwa Anda harus memastikan agar rem tangan Anda dalam kondisi pakem. Hal ini juga karena rem tangan hanya datang dengan mengandalkan 2 roda belakang. Sementara ketika rem kaki digunakan untuk nyetir mobil manual di tanjakan ia bisa mengunci sekaligus untuk empat roda.

Anda juga perlu tahu bahwa ketika mobil membawa muatan yang berat maka rem tangan tidak akan bisa menahan beban dari mobil. Hal ini tentu menjadi suatu indikasi lebih baik jika memang Anda sudah nyaman nyetir mobil dengan rem kaki akan lebih aman untuk Anda. Karena itu walau Anda sudah belajar nyetir dengan rem tangan ada baiknya Anda juga perlu membiasakan diri agar mahir untuk juga nyetir dengan rem kaki. Biasakan diri Anda menggunakan rem kaki agar lebih aman ke depannya ketika nyetir mobil di area tanjakan.

Itulah bagaimana tips dan trik nyetir mobil manual di tanjakan yang Anda perlu tahu dan pahami! Selamat belajar dan semoga secepatnya Anda bisa menjalankan cara nyetir mobil manual di tanjakan. Utamakan keselamatan Anda juga ketika berkendara dan berhati – hatilah selalu ketika berkendara utamanya di area tanjakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips dan Trik Nyetir Mobil Manual di Tanjakan

0 comments:

Post a Comment